Tujuan Pemberian Nama Merek pada Produk Jualan

by: bintang-permata-alam


Sebuah produk yang beredar di pasaran tentu harus memiliki nama agar banyak masyarakat yang mengenal. Selain untuk membangun citra dan reputasi, pemberian nama brand tersebut juga bertujuan untuk membantu grafik penjualan produk itu sendiri.  Semakin sebuah brand mendapat pengakuan masyarakat umum, maka akan semakin besar kesempatan untuk meraup keuntungan besar. Tentunya hal tersebut juga melalui proses distribusi serta promosi secara besar-besaran. Sebab di jaman yang sudah banyak mengalami kemajuan teknologi ini, lahan untuk memasarkan produk semakin luas jangkauannya. Singkatnya, sebagus atau seunik apa pun sebuah nama brand atau merek ada pada sebuah produk, jika tidak mendapat langkah promosi yang maksimal, maka juga tidak akan membuahkan hasil. Artikel ini akan membahas tujuan pemberian merek pada produk yang merupakan langkah penting dalam berjualan.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Desain Kemasan pada Produk Jualan

Berbicara mengenai nama brand atau merek pada sebuah produk, tentu akan timbul pertanyaan seperti mengapa sebuah nama atau merek itu perlu? Rupanya pemberian nama brand atau merek memiliki beberapa fungsi dan tujuan loh, seperti yang ada di bawah ini.

Tujuan Merek Membangun Identitas dan Citra Produk

Mengembangkan reputasi sebuah produk sangat perlu dalam rangka mendapat hasil yang maksimal dalam penjualan. Lantas, bagaimanakah cara untuk meningkatkan reputasi tersebut? Salah satu cara yang mendasar adalah dengan menyematkan nama atau merek pada produk jualan. Ketika sebuah produk memiliki merek, akan  ada beberapa keuntungan yang bisa didapat. Contohnya seperti mendapat lebih banyak perhatian dan pengakuan dari masyarakat umum, membangun image dan pandangan umum tentang produk, serta memberikan kemudahan dalam kegiatan promosi. Bayangkan jika produk yang Anda jual tidak memiliki merek atau nama. Tentu akan susah untuk mempromosikannya ke banyak orang sebab tidak ada nama atau merek khusus  yang bisa mereka ingat nantinya. Keuntungan lain, apabila produk yang Anda jual tersebut meninggalkan kesan baik pada banyak pembeli, tentu akan berpengaruh besar pada grafik penjualan di kemudian hari.

Tujuan untuk Menghindari Plagiarisme dan Penjiplakan

Ketika seseorang telah menetapkan satu merek khusus pada produk yang mereka jual, maka langkah apa selanjutnya? Tentu adalah mendaftarkannya ke lembaga resmi yang berwenang untuk memberikan lisensi atas merek tersebut. Dengan begitu, maka otomatis merek dagang tersebut akan menjadi hak paten yang tidak akan berpindah pada orang lain. Hal ini sangat menguntungkan pelaku usaha, sebab memudahkan mereka untuk membangun brand produk sendiri tanpa takut orang lain menjiplaknya. Berikut sedikit ulasan dari tujuan pemberian nama merek pada produk. Jadi, apa nama merek yang sudah kalian siapkan untuk produk jualanmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: